Kamis, 30 Agustus 2012

Komunikasi Pemasaran

| |
Sarana yang digunakan perusahaan guna menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan untuk mengenal produknya lebih jauh lagi di kenal sebagai Komunikasi Pemasaran.

Komunikasi Pemasaran memiliki beberapa fungsi, diantaranya :

  • Memberitahu konsumen kegunaan produk
  • Memberitahu keunggulan produk dari produk lain.
Dalam buku  Prinsip-prinsip Pemasaran, Kotler menatakan bahwa bauran komunikasi pemasarn merupakan perpaduan khuus antara iklan, penjuala personal, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat.

Peemasaran merupakan cara memandang perusahaan terhadap akhir hasilnya menjadikan pemasaran menjadi hal yang sangat fundamental dan vital. 

Sehingga dapat ditarik kesimpulan mengenai pemasaraan, yaitu 
  1. Pemasaran adalah suatu proses sosial.
  2. Pemasaraan berkenan dengan kegiataan memenuhi kebutuhan dan kegiataan manusia
  3. Pemasaraan meliputi kegiatan mencipta dan mendistribusikan dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia.

PROMOSI
upaya membujuk orang tuk menerima produk konsep dan gagasan dapat di artikan sebagai promosi dan bersifat persuasif.

TUJUAN PROMOSI
Tujuan utama promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi, membujuk, serta mengingatkan calon konsumen tentang perusahaan.

Informing
1. menginformasikan kepada khalayak mengenai keberadaan produk baru, cara pemakaian.
2. menyampaikan perubahan harga, cara kerja, serta meluruskan kesan yang keliru
3. mengurangi ketakutan konsumen

Persuading
1. mengubah presepsi konsumen terhadap atribut suatu produk
2. mendorong konsumen tuk menerima kunjungan salesman dan membeli 'saat ini juga'.
3. mengalihkan pemilihan merk tertentu

Reminding
1. mengingatkan konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat.
2. menjaga agar ingatan pertama konsumen jatuh pada produk perusahaan meski tidak adanya kampanye iklan.

Dalam pemasaran dikenal bauran pemasaran (marketing mix), yang menggamarkan unsur yang terdapat  dalam kegiatan pemasaran, yang terdiri dari :

1. Unsur Produk, pemasaran harus produk yang benar benar bernilai ekonomis, berbeda dari yang lain.
2. Unsur Harga, dalam pemasaran menganung "dapat dijangkau" oleh etiap segmen khalayak
3. Unsur Penyebaran, pencapaian seluruh segmen yang direncanakan terlebih dahulu
4. Unsur Komunikasi, dapat dikatakan sbg alat yang bisa menjual produk konsumen.

Source

0 komentar:

Posting Komentar